Desain
ulang stasiun kereta Stuttgart ulang pada tahun 2007 ini sangat
memiliki pemikiran maju dalam hal kesinambungan dan transportasi ramah
lingkungan. Pada waktu itu, Stuttgart dan Deutsche Bahn mengadakan
kompetisi untuk merancang stasiun baru yang bisa mengakomodasi rel
berkecepatan tinggi dan hadiah utama ini diraih oleh Ingenhoven
Architects, yang desainnya memutar trek sebesar 90 derajat dan
menempatkan rel-rel di bawah tanah sehingga bisa menciptakan taman baru
yang luas di tengah kota. Sementara untuk kesinambungan,
skylight-skylight raksasa memasukkan cahaya matahari ke bawah ke trek di
bawah tanah dan dengan penggunaan fotovoltaik di gedung sekitar,
keseluruhan kompleks stasiun ini nol emisi.
Stasiun
ini sedang dibangun dan diharapkan selesai pada tahun 2016. Stasiun
kereta lama juga memakan lahan yang cukup banyak di pusat kota dan
mengacaukannya dengan rel kereta, tapi stasiun kereta baru akan membuat
rel kereta 12 meter di bawah permukaan dan membuka tempat untuk taman
kota seluas 42.000 meter persegi. Taman kota baru ini juga akan
berdampingan dengan taman-taman kastil atau “Schlossgarten” yang
bertindak sebagai paru-paru kota untuk memberikan udara segar.
Di
bagian atap, sebuah “mata lampu” bulat akan bertindak sebagai skylight
untuk stasiun yang ada di bawahnya dan jendela yang bisa digerakkan
bersama dengan pipa-pipa ventilasi akan melenyapkan kebutuhan akan
ventilasi mekanikal. Penggunaan pencahayaan dan ventilasi alami akan
meminimalkan energi yang dibutuhkan untuk stasiun dan pencahayaan
tambahan akan sangat energi efisien dan tersedia lewat sistem
fotovoltaik di gedung stasiun utara.
sumber : http://berita-mania.blogspot.com/2010/09/stasiun-kereta-nol-emisi-nan-super.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar