Jika semua orang mencintai apa yang mereka kerjakan, mungkin kata
‘bekerja’ tak ada dalam kamus. Hanya orang-orang yang beruntung saja
yang mampu memiliki pekerjaan yang ia sukai dan mendapat bayaran dari
pekerjaan yang disukainya tersebut. Sebagian besar karyawan lainnya,
hanya bisa mendapatkan kesenangan di akhir bulan dari gaji yang mereka
peroleh. Bagi karyawan tipe terakhir ini, kantor adalah sebuah tempat
yang menyedihkan, lebih menyedihkan lagi karena mereka harus
menghabiskan sepanjang hidup berkutat seharian di tempat tersebut. Dan
di masa pekerjaan baru sulit di dapat (seperti sekarang), pemikiran
untuk berhenti dan mencari pekerjaan lainnya kadang menjadi sebuah jalan
yang penuh risiko dengan taruhan besar.
Apabila Anda termasuk salah satu karyawan yang bangun pagi dengan perasaan berat, atau tak mampu bersantai di akhir minggu.
Berikut ini beberapa Tips yang bisa membantu Anda mengatasi pekerjaan yang menyebalkan setiap hari:
Apabila Anda termasuk salah satu karyawan yang bangun pagi dengan perasaan berat, atau tak mampu bersantai di akhir minggu.
Berikut ini beberapa Tips yang bisa membantu Anda mengatasi pekerjaan yang menyebalkan setiap hari:
1. Tetap Sabar. Apapun yang tengah terjadi pada diri
Anda, tetaplah bersabar dan sebisa mungkin menahan diri saat di kantor
(terutama bila keluhan itu lebih ke masalah kehidupan pribadi Anda).
Selain mencoba mengeluarkan keluhan Anda, jangan lupa pula untuk terus
mencari kemungkinan lowongan kerja baru.
2. Pekerjaan Ini Hanya Sementara. Memang mudah
mengatakan bahwa segala sesuatunya tak akan berubah, tapi itu tak benar.
Kebanyakan karyawan saat ini, umumnya tak hanya punya satu peluang
karir. Sebab, setiap orang sebetulnya punya banyak peluang mengembangkan
karir baru, dan kesempatan ini akan terus berkembang. Berganti kerja
setiap tahun, bukan hal yang aneh.
3. Cari Waktu Untuk Diri Sendiri. Sejujurnya, saran
terbaik yang bisa diberikan –diluar seberapa bencinya Anda dengan
pekerjaan Anda saat ini, adalah dengan melupakan semuanya dengan tidur,
makan dan kerja. Lakukanlah kegiatan yang memang sangat Anda sukai
setiap pagi, apa saja selain kerja dan membaca Koran. Sehingga Anda akan
terbangun dengan motivasi baru untuk melakukan hobi Anda, daripada
sekedar bangun untuk ‘terpaksa’ bekerja.
4. Cari Hal Menyenangkan Saat Bekerja. Tak seorang
pun yang senang bekerja seharian di kantor, karena itu sisipkanlah
sedikit waktu senggang di tengah kesibukkan Anda. Misalnya dengan
mengecek email, mendengarkan music (bila memungkinkan). Gunakan makan
siang ke tempat yang menyenangkan, atau sekedar mendinginkan pikiran
dengan bermain game di computer. Intinya, carilah sedikit kesenangan
dari kesibukkan dan kejengkelan Anda bekerja seharian.
5. Terus Kembangkan Humor Anda. Banyak ahli yakin
bahwa humor mampu mencairkan berbagai situasi yang kaku dan tegang,
tertawa juga bisa membantu Anda memandang sesuatu dengan cara yang
berbeda dalam menyelesaikan masalah. Atau tontonlah film komedi yang
bisa membantu Anda tertawa, daripada melihat film drama dan berita.
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa, tertawa dapat menyebabkan tubuh
mengeluarkan hormone endorphine yang berefek memberikan ketenangan hati.
6. Fokuskan Kehidupan Di Luar Kantor. Jika Anda
bekerja selama 8 jam sehari, 8 jam untuk tidur, maka tinggal 8 jam saja
yang Anda miliki untuk kehidupan pribadi Anda. Bila Anda merasa
pekerjaan sudah banyak mencuri waktu tersisa tersebut, jangan ragu untuk
mencurinya kembali. Fokuskan keinginan Anda di waktu pribadi Anda ini,
selama pekerjaan Anda tidak terbengkalai, tak ada yang akan melarang
Anda.
7. Jadilah Pekerja Yang Baik. Meski bekerja dengan
setengah hati, bukan berarti Anda bisa menelantarkan pekerjaan Anda
begitu saja. Selain terus mengirim lamaran, cobalah untuk terus mengasah
kemampuan Anda di tempat kerja saat ini. Ambil kesempatan untuk kursus,
bila perlu mintalah ijin untuk peluang awal agar bisa melakukannya.
8. Jangan Membahayakan Kerja Anda. Seberapa pun
parahnya keadaan, jangan hancurkan semua kerja keras yang telah Anda
bangun selama ini. Meski Anda tahu akan segera mengundurkan diri, tapi
jangan sampai Anda meninggalkan kesan buruk. Apapun yang Anda kerjakan
saat ini, adalah cerminan untuk masa depan. Karena itu perlihatkan hasil
kerja terbaik, sikap yang baik, seberapapun parahnya keadaan.
9. Organisir Aktivitas Kerja. Jika Anda sudah
benar-benar bosa dan jenuh dengan pekerjaan Anda, ada kemungkinan
kobosanan ini pun dirasakan oleh rekan Anda. Cobalah untuk bersama-sama
mengatasinya, missal dengan melakukan aktivitas bersama sepulang kerja
atau merencanakan kegiatan dengan mengikutsertakan semua karyawan.
10. Terus Cari Peluang Penghasilan Baru. Cara
terbaik untuk menjalani masa sulit, adalah dengan kembali mencari
lowongan kerja baru atau mencari peluang pekerjaan sampingan (sidejob)
yang baru. Buatlah perencanaan, dengan menetapkan target pencarian
secara harian, mingguan ataupun bulanan. Atau carilah potensi diri Anda
untuk memulai berwirausaha sebagai pekerjaan sampingan yang bisa membuat
Anda lebih tenang karena tidak lagi bergantung pada perusahaan dimana
Anda bekerja saat ini.
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9948378
Tidak ada komentar:
Posting Komentar